Senin, 26 November 2012

Agustus 2012, di tengah hiruk-pikuk pesantren Ramadhan, saya surfing di internet. Ternyata, kesasar di olimpiadeveteriner.com, dan dapet info bahwa ada VENOL (Veterinary Olympiad) 2012 di FKH UNAIR pada 11-11-2012 yang didahului Seleksi Daerah secara online pada 7 & 8 November 2012. Spontan info ini saya laporkan ke sekolah untuk disebarkan dan akhirnya terkrutlah delapan orang teman lain sehingga tiga tim @3 siswa terbentuk untuk mewakili SMANLEE di ajang olimpiade tingkat nasional ini.

Akhirnya kami mendaftar dan mempersiapkan diri secara intensif selama satu minggu terakhir sebelum lomba bersama Ibu Purwiastuti. K sambil bertarung dengan kesibukan UHB II jatuh di awal November kemarin. Soal demi soal kami bahas, khususnya soal-soal berstandar ujian masuk perguruan tinggi, olimpiade sains bidang biologi, dan beberapa mata kuliah kedokteran hewan seperti patologi, hematologi, farmakologi, dll yang cukup 'wah' untuk disebutkan satu per satu. Tapi Kami tetap fight, demi harumnya nama SMANLEE di kancah nasional! Amin

Tibalah saatnya, tanggal 7 & 8 Nov, Seleksi Daerah Venol, yang harus kami lalui secara online dengan teknis lomba mengerjakan 100 butir soal bilingual dengan format penilaian yang cukup gress, soal B. Indonesia Benar +4, Salah -1, Kosong 0, sementara soal berbahasa Inggris Benar +5, Salah -2, dan Kosong -1. Tepat pukul 10 pagi Selekda dimulai dan berakhir pada pukul 11.40 dan hasil selekda yang akan menentukan lolos atau tidaknya Kami ke Semifinal di Surabaya ini langsung diumukan pukul 7 malamnya. Setelah berjuang sekuat tenaga dan dag-dig-dug-kan, ALHAMDULILLAH HI RABBIL 'ALAMIN, SMAN 5 Palembang berhasil meloloskan 2 dari 3 tim yang berlaga di selekda, yakni tim sma5plg yang digawangi M. Rifki Al Ikhsan (XI.IPA.1), Ezi Septyandra (XII.IPA.3), dan M. Rasyid Ridho (XII.IPA.4) serta tim SMAN5PLG yang beranggotan Khoiron Abadan, Amirah Fathinah (XII.IPA.1) dan Dita Triyasa (XII. Akselerasi), dan kedua tim ini terbang menuju Surabaya untuk menghadapi Semifinal dan Final pada 17 dan 18 November 2012 di FKH Universitas Airlangga. SURABAYA, WE'RE COMING!!!!!! :)

Akhirnya, tibalah kami di babak semifinal. 30 tim terbaik se-Indonesia hadir di FKH Unair untuk mengikuti tes tertulis, praktikum, dan presentasi sebagai tahapan-tahapan di babak semifinal ini. Untuk tes tertulis, bobot soal masih cukup identik dengan selekda kemarin, namun materi mata kuliah kedokteran hewannya lebih banyak. Lalu di tes praktikum, kami digiring  panitia ke laboratorium Departemen Mikrobiologi FKH Unair untuk membuat preparat fiksasi bakteri E. Coli, salah satu organisme Kingdom Monera subkingdom Eubacteria  yang hidup di usus besar manusia dan juga dapat menjadi penyebab pencemaran air bila jumlahnya berlebihan. Tahap praktikum ini menurut Kami yang paling mengesankan karena di sinilah Kami benar-benar takjub melihat betapa lengkapnya fasilitas riset yang dimiliki Universitas Airlangga dan dosen Mikrobiologinya pun langsung membimbing kami untuk tahap ini. Nah, tahap presentasi merupakan tahapan yang tergabung di dalam tahap reli, di mana setiap peserta wajib menjelajahi pos-pos soal sebanyak 11 buah yang masing-masing memiliki soal observasi dan essay berstruktur yang harus dijawab setiap peserta plus 1 pos tambahan untuk ujian presentasi. Nah, di tahap presentasi inilah yang memberikan kami oleh-oleh kemenangan pulang ke Palembang karena tim sma5plg berhasil memuncaki perolehan poin presentasi sehingga Piala Dekan FKH UNAIR "The Best Presentation" berhasil diboyong pulang ke Kota Pempek. Poster yang berjudul "Generasi Brilian Bersama Ilmu Veteriner" dipresentasikan oleh tim sma5plg untuk mengikuti peraturan panitia yang melaunching tema VENOL 2012 "Membuka Cakrawala Ilmu Pengetahuan bersama Dunia Kedokteran Hewan".

Alhamdulillah, setelah ketiga tahapan semifinal tersebut telah dilalui di tanggal 17 November 2012, keesokan harinya pengumuman finalis 5 besar VENOL 2012 pun menjadi hal yang paling dinanti-nantikan oleh ke-30 semifinalis. Setelah dag-dig-dug-kan semalaman, diumumkanlah kelima finalis tersebut oleh panitia, yakni 1. SMAN 1 Tuban, 2. tim dari SMAN 1 Bangil, Pasuruan, Jawa Timur,  SMAN 5 Palembang tim sma5plg, dan SMAN 1 Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. Alhamdulillah, tidak sia-sia Laskar Wong Kito Jauh-Jauh Terbang untuk menaklukan Tanah Jawa di VENOL 2012 ini. Di babak final ini, tim sma5plg menghadapi babak cerdas cermat dengan soal-soal berkaliber biologi tingkat advanced, studi kasus, dan eksperimental. Alhamdulillah, menjadi the best presentation + finalis VENOL 2012 berhasil diraih tim sma5plg. Semoga di tahun depan, SMA Unggul Negeri 5 Palembang mampu meboyong hasil yang lebih baik di VENOL 2013 dan ajang-ajang kompetisi lainnya, khususnya di Olimpiade Sains Nasional 2013 nanti. Amin Ya Robbal 'Alamin.

More informaton, visit: http://www.olimpiadeveteriner.com/2012/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar