Kamis, 10 Januari 2013

Kemahasiswaan


Profil 


Kegiatan kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia terorganisir dalam suatu wadah organisasi yang bernama Senat Mahasiswa Ikatan Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (SM IKM FKUI).


Badan Eksekutif Mahasiswa FKUI
Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan “organisasi induk” yang menaungi organisasi  kemahasiswaan lain di FKUI. Organisasi mahasiswa ini sudah sejak lama berdiri dan telah banyak memberikan warna kemahasiswaan tidak hanya di FKUI, tetapi juga di fakultas kedokteran lain. Menangani berbagai bidang seperti akademik, seni, olahraga, teknologi informasi membuat organisasi ini mampu menampung minat dan bakat mahasiswa-mahasiswa FKUI.  

Program-program unggulan di BEM FKUI banyak yang merupakan event tingkat nasional seperti Liga Medika dan STOVE-EX (Student Movement Exhibition). Selain itu, BEM FKUI juga mengadvokasi mahasiswa yang memerlukan beasiswa melalui Departemen Kesejahteraan Mahasiswa dan melakukan pengkaderan bagi mahasiswa baru melalui PSAF (Pengenalan Sistem Akademik Fakultas). BEM FKUI membawahi beberapa badan himpunan mahasiswa seperti Himpunan Mahasiswa Kelas Internasional (Student Union of International Class), dan Senat Tingkat, mulai dari Senat Tingkat I hingga Senat Tingkat 5.

Selain itu, BEM FKUI juga berkoordinasi dengan beberapa badan kelengkapan internal mahasiswa yang terdiri :
  1. Tim Bantuan Medis (TBM)
  2. Badan Film Mahasiswa (BFM)
  3. Lembaga Penelitian dan Pengkajian (LPP)
  4. Media Aesculapius (MA)
  5. Kafetaria
  6. Bursa Kedokteran

Tim Bantuan Medis (TBM)

Adalah badan kemahasiswaan yang berdiri sebagai bukti dedikasi mahasiswa FKUI bagi kemanusiaan. Dengan beragam kegiatan, badan ini mampu membuktikan konsistensinya sebagai wadah mahasiswa FKUI untuk mengembangkan kemampuan klinisnya sekaligus beraksi sosial membantu korban bencana. 

Kegiatan yang diadakan secara rutin oleh TBM di antaranya Sore Klinik (pelatihan anggota inti mengenai materi-materi keterampilan klinis dasar seperti pemasangan infus dan terapi cairan, dilakukan pada sore hari dengan pembicara anggota/mahasiswa yang lebih senior), Case Forum (pelatihan anggota inti yang dilaksanakan pada hari sabtu atau minggu dengan memanggil pembicara dari luar seperti BASARNAS, dan dokter-dokter spesialis), Berbagai Pelatihan  yang terbuka untuk umum (Basic Life Support, Transportasi bencana, Balut-bidai, Bedah Minor dan Sirkumsisi), Sirkumsisi dan Pengobatan Massal, dan Pendidikan Dasar. Acara unggulan TBM setiap tahunnya bertajuk E-FAST (Emergency Fair and Festival). E-Fast bertujuan menciptakan komunitas yang mampu dan tanggap menghadapi kondisi kegawatdaruratan medis sehari-hari dengan memberdayakan masyarakat awam (Jakarta safe community). Selain itu, TBM juga mempunyai Hari Bencana yang berisi materi tanggap darurat bencana dengan sivitas akademika, Wilayah Binaan, Bakti Sosial rutin setiap tahun, serta Tim Relawan Bencana (TRB). Untuk melihat profil lengkap badan kemahasiswaan ini, silakan kunjungi tbm.fk.ui.ac.id. 



Badan Film Mahasiswa (BFM)

BFM FKUI berdiri pada tanggal 27 April 1975. BFM FKUI merupakan sebuah badan kelengkapan Senat Mahasiswa Ikatan Keluarga Mahasiswa FKUI. Sesuai dengan namanya, badan ini mewadahi minat, hobi, dan kreatifitas mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dalam bidang perfilman, fotografi, dan desain. Saat ini, BFM FKUI berlokasi di Gedung Senat Mahasiswa Lantai 2, FKUI Jalan Salemba Raya No 6.

Sejak kehadirannya, BFM FKUI telah menjadi pusat kegiatan seni mahasiswa di dalam lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Pada awalnya, BFM FKUI bergerak dalam bidang perfilman terutama dalam kegiatan pemutaran film. Seiring dengan perkembangan teknologi, BFM FKUI mulai mencoba untuk memproduksi film pendek. Selain itu, BFM FKUI juga mulai mempelajari bidang-bidang seni lainnya, seperti fotografi dan desain. Dalam bidang fotografi, BFM FKUI telah menyelenggarakan pameran dan lomba foto baik dalam lingkup kampus maupun masyarakat umum. Berbagai pembuatan poster, logo, dan media cetak lain juga merupakan karya yang telah dihasilkan dalam bidang desain. Selain berperan dalam memajukan bidang kesenian di lingkungan FKUI, BFM FKUI juga menyediakan jasa yang sesuai dengan bidang kesenian BFM. Jasa-jasa yang disediakan BFM FKUI antara lain dokumentasi acara dalam bentuk foto maupun film dan juga publikasi dengan media poster, logo, profil perusahaan, dan media cetak lainnya.



Lembaga Penelitian dan Pengkajian (LPP)

Adalah organisasi kemahasiswaan di FKUI yang bergerak di bidang riset dan penelitian ilmu pengetahuan, terutama kedokteran. Organisasi ini tergolong Badan Kelengkapan yang berada di bawah koordinasi Senat Mahasiswa FKUI. Organisasi ini berdiri tanggal 27 November 1993. 
Sebelum berdirinya LPP, aktivitas keilmiahan mahasiswa dijalankan oleh Badan Riset Mahasiswa (BRM). Kini, LPP memiliki anggota yang bervariasi, dari angkatan 2003 hingga angkatan 2007. Pada kepengurusan tahun 2009, LPP dipimpin oleh Ivan Ginanjar Sunarya, mahasiswa FKUI angkatan 2006. Visi LPP adalah membangun atmosfer ilmiah di lingkungan FKUI. Untuk mencapai visi organisasi, LPP melakukan beberapa kegiatan di bidang pengkajian dan penelitian. Beberapa kegiatan unggulan tahun ini adalah Scientific Meeting, Fokus Ilmiah, Diskusi Evidence Based Medicine (EBM), Networking Penelitian, Pendidikan Dasar (Dikdas) LPP, Pelatihan Pembuatan Proposal, Majalah dinding LPP, dan Bundle of HIS. Semua kegiatan itu dilakukan agar manfaat keberadaan LPP semakin terasa khususnya di kalangan para anggotanya dan civitas akademika FKUI pada umumnya. LPP secara rutin mengirimkan anggotanya ke ajang-ajang ilmiah seperti Pagelaran Ilmiah Kampus, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi, Pra Temu Ilmiah Nasional dan Temu Ilmiah Nasional, Lomba Karya Tulis Ilmiah UI, dan Lomba Proposal MRU. LPP juga berupaya memenuhi tuntutan zaman di mana aspek keilmiahan semakin ditekankan dalam aktivitas kuliah maupun kegiatan di luar kuliah. Oleh karena itu, LPP terbuka untuk bekerjasama dengan mahasiswa, organisasi kemahasiswaan, staf pengajar, PPDS, dan departemen di FKUI demi memenuhi aspek keilmiahan tersebut.


Media Aesculapius (MA)
Media Aesculapius FKUI merupakan badan jurnalistik yang terbentuk dari upaya mahasiswa FKUI mendistribusikan informasi kesehatan ke pusat kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia. 

Selain memproduksi surat kabar, badan kemahasiswaan tertua di FKUI ini juga menerbitkan buku kedokteran dan kesehatan, serta bekerja sama dengan berbagai pihak untuk membuat bentuk-bentuk lain penyebaran informasi kedokteran. Sebagai kumpulan peminat jurnalistik, anggota MA secara rutin menyelenggarakan pelatihan jurnalistik kesehatan berskala nasional untuk menyebarluaskan ketertarikan ini pada mahasiswa bidang kesehatan di Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai MA dapat dilihat diwww.freewebs.com/media-aesculapius/



Kafetaria

Kafetaria merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang penjualan makanan dan minuman. Bertempat di perbatasan FKUI dengan RSCM, membuat kafetaria berada di tempat yang strategis untuk berbelanja berbagai jenis makanan bagi staf RSCM maupun mahasiswa FKUI. 

Makanan yang dijual di kafetaria meliputi makanan berat dan ringan seperti soto ayam, rendang, bakso, siomay, pecel, dan lain-lain. Setiap hari kafetaria dipenuhi dengan pelanggan yang hendak berbelanja ataupun sekedar mengobrol bersama teman-teman yang lain.


Bursa KedokteranOrganisasi mahasiswa ini bergerak di bidang penjualan alat dan buku kedokteran. Keberadaan bursa selama puluhan tahun di FKUI telah memberikan banyak kontribusi dalam menyediakan alat dan buku kedokteran yang murah dan terjangkau oleh mahasiswa. Terletak di perbatasan FKUI dan RSCM, Bursa Kedokteran menempati tempat strategis sehingga banyak dikunjungi orang-orang. Untuk meningkatkan pelayanannya, tak jarang diskon khusus diberikan kepada pelanggan setia.


Di FKUI juga terdapat student center yang terpisah dari BEM FKUI, yaitu :

Center for Indonesia Medical Students' Activities (CIMSA)Sebagai lembaga kemahasiswaan, Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA) UI merupakan sarana mahasiswa kedokteran memberikan kontribusinya dalam bidang promosi kesehatan dan pengembangan ilmu kedokteran. Melalui kegiatan-kegiatan Research Exchange dan Professional Exchange, CIMSA UI sebagai perpanjangan tangan International Federation of Medical Students’ Association (IFMSA) memberi kesempatan bagi setiap mahasiswa S1 FKUI untuk mengenyam pendidikan kedokteran dan melakukan penelitian di universitas negara-negara lain. Selain dua kegiatan ini, setiap tahunnya CIMSA UI juga menggelar seminar dan proyek mengenai berbagai isu kesehatan untuk meningkatkan peran mahasiswa kedokteran dalam kesehatan masyarakat.

Asian Medical Students' Association (AMSA)Sebagai bagian dari himpunan mahasiswa kedokteran Asia Pasifik, Asian Medical Students’ Association(AMSA) UI secara konstan mengadakan berbagai acara berbasis keilmuan, kebudayaan, dan persahabatan. Selain acara-acara yang bertujuan memberikan edukasi kesehatan di Indonesia, AMSA UI juga mengadakan proyek bersama anggota AMSA dari negara-negara lain melalui program pertukaran pelajar (exchange). Tidak hanya bagi mahasiswa kedokteran, AMSA UI pun berusaha memupuk ketertarikan para pelajar SMA dengan dunia kedokteran melalui acara National Medical and General Biology Competition setiap tahun, dengan peserta siswa-siswi dari seluruh Indonesia.


Selain berbagai organisasi kemahasiwaan diatas, BEM FKUI juga membawahi himpunan mahasiswa kelas Internasional, yaitu:
Student Union of International Class (STUNICA)STUNICA merupakan wadah bagi mahasiswa program Kelas Internasional FKUI. Organisasi ini memiliki banyak program yang mewujudkan minat, bakat, dan kreativitas mahasiswa Kelas Internasional sepertiInter Cup dan Community Outreach. Selain itu STUNICA rutin mengadakan acara yang mengakrabkan sesama mahasiswa Kelas Internasional di UI seperti International Gathering Night (IGN), deTour, danAmazing Race.  


Dan untuk mewadahi kegiatan keagamaan para mahasiswa FKUI, dibentuklah organisasi - organisasi keagamaan, sebagai berikut :

Forum Studi Islam (FSI)FSI merupakan wadah bagi mahasiswa muslim FKUI. Berdiri sejak tahun 1980, FSI telah mewarnai kehidupan ke-Islaman di FKUI selama hampir tiga puluh tahun. Mahasiswa yang terlibat di dalam FSI diharapkan dapat menjadi dokter muslim yang memahami dan mengamalkan Islam sebagai rahmat bagi semuanya. Oleh karena itu, program kerja FSI tidak hanya bersentuhan dengan mahasiswa seperti kajian ke-Islaman, tetapi juga menyentuh masyarakat seperti bakti sosial dan kunjungan ke pasien RSCM. Program unggulan dari FSI adalah JIMU (Jakarta Islamic Medical Update) dan IMF (Islamic Medical Fair).

Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK)Keluarga Mahasiswa Katholik merupakan organisasi rohani mahasiswa Katholik yang didirikan dengan landasan cinta kasih. Badan ini berisikan mahasiswa FKUI tingkat satu sampai akhir yang tergabung dalam semangat kekeluargaan dan iman Katholik. Berbagai kegiatan pun diselenggarakan untuk melayani Tuhan dan sesama, yang terutama adalah Jumatan, yaitu pertemuan rutin mingguan mahasiswa Katholik di FKUI. Acaranya dapat diisi berbagai macam hal, misalnya membaca Alkitab dan berdoa bersama, Doa Rosario pada bulan Mei dan Oktober, Jalan Salib pada masa Prapaskah, dan Misa Jumat Pertama pada minggu pertama tiap bulan. Perayaan Natal dan Paskah juga rutin diselenggarakan badan yang dulu bernama Kuksa ini setiap tahun. Selain itu, KMK juga mengadakan Care and Cheer for Children (CCC), yaitu acara yang ditujukan untuk anak-anak, misalnya menghibur anak-anak yang sakit di bangsal anak RSCM atau mengunjungi panti anak cacat. Tidak hanya itu, kegiatan pelayanan lain juga diadakan oleh KMK, seperti Bakti Sosial dan Cilincing. Cilincing merupakan lokasi rutin KMK mengadakan pengobatan massal setiap bulannya. Untuk bahan perenungan setiap minggu, KMK menerbitkan Cahaya Kasih yang berisi renungan singkat sarat makna serta buletin Magnificat yang padat berisi berbagai info seputar iman Katholik.

Persekutuan Oikumene (PO)Persekutuan Oikumene lahir sebagai wadah mahasiswa FKUI beragama Kristen Protestan untuk berkumpul, bersekutu, dan berdoa bersama-sama. Adalah dr. Alan R. Tumbelaka yang ketika itu menjadi Ketua Senat, dr. Jeane Winaktoe, dan dr. Supriyadi yang merupakan inisator badan kemahasiswaan ini. Beberapa kegiatan yang diadakan PO di antaranya Camp PI yang dilakukan di setiap tahun ajaran untuk para mahasiswa baru yang beragama Kristen, Kelompok Kecil, Family Altar (Faal) yang merupakan kegiatan persekutuan mahasiswa baru dengan semua angkatan yang ada di FKUI sekaligus sebagai acara penyambutan mahasiswa Kristen baru dalam lingkungan PO FKUI, Doa Sore yang berisi pembacaan firman dan berdoa bersama, agar mahasiswa Kristen dapat belajar memiliki kehidupan doa yang baik serta dapat berdoa bagi kampus, bangsa, dan negara, PI RSCM yang ditujukan untuk mengunjungi pasien-pasien RSCM yang beragama Kristen, Persekutuan Jemaat (PJ), Pembuatan media "Discipleship Today for Christian soul" dan Buletin Agape, Pengobatan massal gratis, Perayaan Natal, Perayaan Paskah, Latihan Pemuridan Mahasiswa, dan Stop Out Misi.

Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma (KMHD)Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma FKUI terdiri dari para pemeluk agama Hindu di FKUI. KMHD memberikan sarana bagi para anggotanya untuk melatih keterampilan berorganisasi, selain untuk memupuk persaudaraan sesama umat Hindu. Selain melakukan diskusi topik keagamaan, badan kerohanian ini juga berpartisipasi dalam acara KMHD UI di bidang agama, sosial kemasyarakatan, serta seni dan olahraga. Para anggotanya juga mendapat kesempatan berkenalan dengan mahasiswa UI lain melalui acara malam keakraban dan Hindu Family Gathering.

Keluarga Mahasiswa Buddha (KMB)Keluarga Mahasiswa Buddhis FKUI merupakan wadah penganut agama Buddha di FKUI untuk berorganisasi. Tidak hanya acara kerohanian, KMB FKUI juga mengadakan pelatihan softskill bagi para anggotanya. Selain itu, para pengurus KMB FKUI secara rutin mengadakan kerja sama dengan KMB tingkat universitas dalam mengadakan berbagai kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian dan kontribusi mereka bagi masyarakat.


Informasi lebih lanjut mengenai organisasi kemahasiswaan dan segala aktivitasnya, silahkan kunjungi kami di www.bem.fk.ui.ac.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar