Senin, 26 Agustus 2013

8 Alasan yang Membuat Anda Susah Tidur


Ayusha Laksmi - wolipop

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Setelah beraktivitas selama seharian penuh, tubuh tentunya membutuhkan istirahat yang cukup. Maka dari itu setiap malam kita dianjurkan untuk tidur 6-8 jam.

Namun seringkali, jam tidur tersebut tidak dapat terpenuhi karena di saat kita sudah bersiap istirahat, kita malah merasa susah tidur. Beberapa penyebab yang umum adalah karena minum kopi, makan terlalu banyak, atau terlalu banyak mikir. Sebenarnya, ada banyak alasan mengapa Anda merasa susah tidur di malam hari. Apa saja? Lihat di sini, seperti dikutip dari All Women Stalk.

1. Berolahraga sebelum tidur
Mungkin Anda memilih untuk berolahraga di malam hari karena tidak memiliki waktu di pagi harinya. Atau bisa juga karena merasa olahraga di malam hari akan membuat tubuh merasa lelah dan mempermudah tidur Anda.

Namun ternyata, yang terjadi adalah sebaliknya. Setelah berolahraga denyut jantung dan metabolisme akan meningkat sehingga mempersulit Anda untuk tidur. Hindari berolahrga tepat sebelum tidur. Beri jeda minimal tiga jam sebelum waktu tidur, atau kalau bisa lebih baik lakukan di pagi hari.

2. Tidur siang
Karena merasa kurang tidur di malam hari, Anda perlu mengganti waktu istirahat tersebut di siang hari. Namun istirahat di siang hari malah membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari. Menurut Lawrence Epstein, Sleep Health Center di MA, tidur siang akan mengacaukan jam tubuh kita dan membuat otak terus siaga saat malam hari. Bila Anda benar-benar merasa butuh tidur siang, sebaiknya lakukan tidak lebih dari satu jam.

3. Khawatir akan kualitas tidur
Alasan ini mungkin akan terdengar aneh. Namun bagi sebagian orang, alasan ini benar-benar dirasakan. Bila sebelum tidur Anda memikirkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan besok pagi dan merasa harus cepat tidur malah akan membuat Anda susah terlelap. Bila hal ini terjadi, matikan lampu kamar, bangun, dan pindah sementara ke kamar lain. Atau hapuskan kekhawatiran Anda dengan tidak terus menerus memikirkan bahwa Anda harus bangun pagi esok hari.

4. Minum minuman beralkohol
Beberapa orang menganggap bahwa dengan minum minuman beralkohol akan membuat tidur semakin nyenyak. Minum sebelum tidur mungkin saja dapat membuat Anda merasa ngantuk, namun tidak membuat tidur Anda berkualitas. Lebih baik ganti minuman beralkohol dengan teh herbal agar tubuh menjadi lebih rileks sebelum tidur.

5. Pencahayaan kamar kurang gelap
Semakin banyak gadget yang ada di dalam kamar, maka akan semakin sulit Anda terlelap. Pencahayaan dari layar gadget, ataupun TV akan membuat kamar tidak sepenuhnya gelap. Lebih baik matikan lampu kamar dan jauhkan semua gadget dari pandangan.

6. Tubuh masih mengandung kafein
Banyak orang yang tidak bisa mengawali harinya tanpa minum kopi. Kandungan kafein dalam kopi dikenal dapat membantu Anda terjaga di pagi hari. Namun bila dikonsumsi lebih dari satu kali dan dekat dengan waktu tidur, akan membuat Anda sulit terlelap karena masih terdapat kandungan kafein dalam tubuh. Sebaiknya minum kopi satu kali sehari dan hanya di pagi hari.

7. Konsumsi protein sebelum tidur
Mengonsumsi makan malam dan kudapan yang memiliki kandungan protein yang tinggi dapat membuat Anda sulit tidur di malam hari. Karena tubuh mengeluarkan lebih banyak energi untuk mencerna protein dan itu berarti pencernaan Anda masih harus terus bekerja menjelang jam tidur. Bila Anda merasa lapar sebelum tidur, sebaiknya makan sedikit karbohidrat karena lebih mudah dicerna.

8. Kamar berantakan
Bagi Anda yang memiliki kamar berantakan, sebaiknya cepat rapikan kamar Anda. Kamar yang berantakan dapat membuat Anda susah tidur karena dapat mempengaruhi pikiran. Kertas, buku, dan baju yang berserakan dapat membuat kita terus terbangun karena merasa stres.

Apakah dari delapan alasan tersebut ada sesuai dengan Anda? Sebaiknya ciptakan suasana kamar yang dapat mendukung Anda untuk tidur nyenyak agar lebih mudah untuk terlelap di malam hari. Dengan dapat tidur yang cukup, tubuh dan pikiran Anda akan lebih siap untuk menghadapi hari esok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar